Wednesday, June 14, 2017

BONEKA YG UNIK DI PRANCIS

BONEKA YG UNIK DI PRANCIS

Boneka Bisque

Boneka ini datang dari benua Eropa tepatnya di negara Perancis serta Jerman, tidak seperti boneka biasanya boneka ini di buat berbahan porselain. Ciri khas dari boneka bisque ini yaitu memiliki bentuk yang senantiasa berbentuk manusia Souvenir Wisuda yang di buat demikian rupa hingga tampak realistis, dari mulai baju, sepatu serta rambut. Jadi kamu akan tidak temukan boneka Bisque yang berbentuk hewan maupun berbentuk boneka lucu lainnya.

 Boneka ini begitu popular di eropa pada th. 1860 hingga perang dunia I. Sekarang ini boneka Bisque masih tetap diproduksi, namun terdapat banyak boneka sebagai barang koleksi, terutama yang datang dari th. 1900an, terdaftar boneka Bisque termahal yang sempat dijual meraih angka 242. 500 Poundsterling atau setara dengan 4, 7 Miliar rupiah!


L'oiseleur
Paling akhir, gelar boneka termahal didunia jatuh pada Loiseleur atau the bird trainer. Harga yang di tawarkan untuk boneka ini yaitu 6. 250. 000 dolar. Boneka setinggi 4 kaki ini adalah boneka automaton buatan Christian Bailly, seseorang pakar dalam bagian automata. Hasil karyanya di buat dalam jumlah terbatas.

Yang suka boneka-boneka automatonnya mencakup aktor-aktor populer Hollywood seperti Dustin Hoffman, Steven Spielberg, serta pesulap David Copperfield. Awalannya perkiraaan dana yang diperlukan untuk buat The Bird Trainer cuma 400. 000 dolar. Namun menambahkan bahan yang susah di cari, baju spesial, serta aksesori yang terbuat dari permata buat biaya produksi membengkak hingga belasan kali lipat.

TUJUAN TERCIPTANYA BONEKA
Negara boneka yaitu negara yang dengan resmi merdeka serta disadari kedaulatannya tetapi dengan de-facto ada dibawah kontrol negara yang lain. Negara boneka dengan harfiah bermakna negara di mana pemerintahannya bisa disamakan seperti boneka yang dimainkan oleh pemerintah negara yang lain jadi dalang. Untuk menanamkan kembali kekuasaannya di Indonesia, satu diantara langkah yang dikerjakan oleh Belanda yaitu dengan membuat negara-negara boneka. 

Maksudnya yaitu untuk mengepung kedudukan pemerintahan Republik Indonesia atau mempersempit lokasi kekuasaan Republik Indonesia. Tiap-tiap negara sisi atau negara boneka yang di ciptakan Belanda itu di pimpin oleh seseorang yang ditunjuk oleh Belanda. Lewat negara-negara boneka yang dibuatnya, Belanda membuat Pemerintahan Federal dengan Van Mook jadi kepala pemerintahannya. Dalam Konferensi Federal di Bandung pada tanggal 27 Mei 1948 lahirlah Tubuh Permusyawaratan Federal (BFO). Didalam BFO terhimpun negara-negara boneka ciptaan Belanda. Tersebut disini negara-negara boneka ciptaan Belanda :

1. Negara Indonesia Timur
Berdiri : Desember 1946
Lokasi : Timur Selat Makasar serta Selat Bali
Pemimpin : Tjokorda Gede Raka Sukawati

2. Negara Sumatera Timur
Berdiri : 25 Desember 1945 (diresmikan pada tanggal 16 Februari 1947)
Lokasi : Kota Medan serta sekitarnya
Pemimpin : Dr. Mansur

3. Negara Sumatera SelatanBerdiri : 30 Agustus 1948
Lokasi : Kota Palembang serta sekitarnya
Pemimpin : Abdul Malik
4. Negara Jawa Timur

Berdiri : 26 Nopember 1948
Lokasi : Kota Surabaya, Malang serta beberapa daerah samping timur sampai ke Banyuwangi
Pemimpin : R. T. Kusumonegoro

5. Negara PasundanBerdiri : 26 Februari 1948
Lokasi : Priangan, Jawa Barat serta sekitarnya
Pemimpin : R. A. A. Wiranata Kusumah

6. Negara MaduraBerdiri : 16 Januari 1948
Lokasi : Kota Madura serta sekitarnya

Pemimpin : Tjakraningrat

No comments:

Post a Comment