Friday, June 9, 2017

Ingin Tau Tentang Boneka Horta? Yuk Simak

Ingin tau sekelumit mengenai boneka horta???? mari kita simak yukkk ^_^...
Th. 2004.
Ibu Dr. Ir. Ni Made Armini Wiendi, MSc. (Dosen Bioteknologi Tanaman, Departemen Agronomi Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB) ikuti kursus di Belanda. Waktu itu beliau temukan boneka rumput. Beliau sangat berkesan dengan boneka itu serta lalu membawa bonekanya ke Indonesia. Boneka Wisuda Murah

Lihat manfaat serta kekhasan boneka itu, ibu Armini lalu menyatukan 7 orang mahasiswanya untuk meningkatkan boneka rumput semacam di Indonesia. Ke 7 mahasiswa itu yaitu Imam R. Izzati, Asep Rodiansah, Gigin Mardiansyah, Rachmatullah, Nurheidi Aditiani, Agustina Nugraheni serta Nisa Rakhmania. Keseluruhannya adalah mahasiswa Departemen Agrohort, IPB angkatan 39.

Ke 7 mahasiswa itu, lalu buat proposal riset serta kewirausahaan (dalam aktivitas PKM) dengan judul " Perakitan Boneka Rumput jadi media Edukasi cinta lingkungan untuk anak-anak ". Alhamdulillah proposalnya di terima dengan baik, serta lalu ke 7 mahasiswa itu memperoleh pertolongan dana sebesar Rp. 4. 750. 000, -. serta dana itu lalu dipakai untuk modal riset boneka.
Th. 2005.
Riset boneka horta diawali. Riset berjalan sepanjang 6 bln. hingga pada akhirnya prototipe boneka horta pertama di dapatkan.. yeeahh ^_^... finally...
lalu boneka horta di produksi dengan teratur serta di pasarkan ke mahasiswa-mahasiswa IPB serta pameran. Alhamdulillah, tim 7 memperoleh juara 1 di PIMNAS.
Th. 2006.
Produksi boneka horta pernah vakum karna aktivitas beberapa anggotanya.... namun masih tetap berproduksi dibantu oleh mahasiswa Horti 39, 40, 41 serta Agronomi 41.
Th. 2007.
cuma 3 orang mahasiswa yang meneruskan usaha boneka horta untuk jadikan jadi usaha profesional. Membuat CV. D'CREATE jadi wadah hukumnya.

 

Mengenai Boneka Horta & Potty
1. Awal Mula Boneka Horta serta Poti
BONEKA memiliki rambut rumput atau lebih di kenal jadi boneka horta jadi satu media tanam yang dikemas berbentuk boneka. Boneka ini di buat untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia pertanian dengan instan. Diluar itu anak-anak bisa belajar mencermati perkembangan tanaman sembari bermain. Boneka ini mempunyai tujuan untuk memperkenalkan langkah menanam hidroponik atau menanam memakai media lain terkecuali dari tanah.
Boneka horta ini di buat lewat penelitian sepanjang enam bln. pada 2004. Langkah untuk menumbuhkan rambutnya serta supaya benih rumput itu tumbuh jadi mesti di rendam di air sepanjang satu jam atau lebih dengan posisi terbalik, lantas mesti disiram dengan teratur minimum 2 x satu hari. Pada hari ketiga atau paling lama satu minggu, bakal mulai berkembang kecambah diatas kepala boneka. Selanjutnya jadilah satu boneka dengan rambut kepala yang dapat tumbuh panjang.
Boneka Horta ini lebih adalah media tumbuh benih tanaman semusim, yakni type tanaman yang umurnya sekitaran tiga bulanan. Benih itu ada yang di taruh dibagian kepala atau punggung boneka bermacam bentuk serta ukuran. Bonekanya sendiri terbuat dari serutan gergaji yang dibungkus kain stoking. Untuk berikan bentuk muka, dipakai kain felt.

No comments:

Post a Comment