Wednesday, June 7, 2017

Mengulas Boneka Matryoshka dari Rusia

Boneka Matryoshka dari Rusia
Sekian hari waktu lalu saya memperoleh oleh-oleh berbentuk boneka cantik Matryoshka dari rekan saya yang barusan pulang dari Moskow, Rusia. Ini sesungguhnya ke-2 kalinya untuk dia untuk bertandang ke Negeri Beruang Merah itu. Sebenarnya th. lantas saya memperoleh oleh-oleh yang sama dari dia cuma saja untuk kesempatan ini saya memperoleh boneka yang semakin besar ukurannya, haha. Matryoshka yang th. lantas saya peroleh itu berwarna ungu sedang th. ini saya memperoleh warna hijau. Lucu juga sih lihat mimik serta muka yang didatangkan oleh boneka kayu itu. Bonekanya senantiasa ceria dengan baluran warna-warni sebagai ciri khasnya itu. Bunga Wisuda

Rusia memanglah negara maksud saya nantinya, maksud saya saat saya telah mempunyai pendapatan sendiri saya berusaha untuk bertandang ke Negeri itu meskipun cuma sekedar untuk berlibur, Amin YRA. Tak ada kelirunya lakukan traveling manfaat menaikkan wawasan serta pengetahuan. Seperti yang kita ketahui, boneka Matryoshka yaitu boneka kayu asal Rusia yang senantiasa tersusun satu set dengan ukuran yang makin mengecil serta mengecil. Untuk Matryoshka warna ungu saya mempunyai tiga set sedang yang warna hijau mempunyai 5 set. Sesungguhnya boneka ini bakal terbentuk dengan warna serta corak yang tidak sama, bahkan juga untuk set yang semakin banyak, katakanlah sepuluh set, harga yang bakal dibandrolpun bakal jadi lebih tinggi juga. 




Saya kurang demikian memahami dengan histori serta filosofi dari Boneka Matryoshka ini, tetapi dari situs (blog) orang yang pernah saya kunjungi saya memperoleh sebagian info tentang boneka ini. Matryoshka dengan harfiah bermakna “janda kecil” yang yaitu bentuk kata pengecil dari perempuan pertama di Rusia yakni “Matryona”. Boneka Matryoshka atau yang dimaksud dengan boneka bersarang Russia pertama kalinya di buat pada th. 1890 oleh Vasily Zvyozdochkin dari design oleh Sergey Malyutin, yang disebut pelukis kerajinan warga di daerah Abramtsevo dari industrialis Rusia serta pelindung seni Savva Mamontov. Set boneka itu di beri warna sendiri oleh Malyutin. Set boneka Malyutin itu terbagi dalam delapan boneka– yang paling luar bergambar gadis membawa ayam jago, enam di dalamnya bergambar gadis, boneka ke lima bergambar lelaki, serta yang terdalam yaitu bayi. Lalu pada th. 1900, istri Savva Mamontov menghadirkan boneka itu pada Pameran Dunia di Paris, serta boneka itu memperoleh medali perunggu. Kemudian, boneka matryoshka banyak di produksi di sebagian tempat di Rusia.


Langkah buat boneka Matryosha itu dari balok kayu yang dipisah jadi dua sisi lalu sisi yang satu serta yang lain dipahat serta dibuat oval. Sesudah terbentuk, kayu lalu di beri warna serta dikumpulkan kembali untuk lalu sesuai memiliki bentuk dari yang paling kecil jadi yang terbesar. Menurut saya pembuatan boneka ini mempunyai kesusahan sendiri karna boneka itu sesungguhnya tidaklah terlalu besar namun mesti dapat menyimpan boneka-boneka lain di dalamnya dengan ukuran yang berbeda serta semakin mengecil hingga mesti sesuai sama peletakan ruangan yang ada didalam boneka itu. Berikut ini kenapa saya cukup tertarik dengan penampakan dari boneka itu serta menginginkan tahu lebih dalam lagi tentang filosofi yang didatangkan oleh boneka Matryoshka ini.

No comments:

Post a Comment